BAB

1

PENDAHULUAN

A. SEJARAH

A. SEJARAH

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) didirikan pada tahun 1956 dengan nama PT Bank Kopra Indonesia. Pada tahun 1976 namanya menjadi Bank Danamon Indonesia hingga kini. Bank Danamon menjadi bank devisa swasta pertama di Indonesia tahun 1976 dan Perseroan Terbuka pada tahun 1989.

Pada tahun 1997, sebagai akibat krisis moneter Asia, Bank Danamon mengalami kesulitan likuiditas dan diambil alih oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebagai bank BTO. Pada tahun 1999, Pemerintah Indonesia melalui BPPN merekapitalisasi Bank Danamon dengan obligasi pemerintah senilai Rp 32 triliun. Saat itu juga, sebuah bank BTO dilebur ke Perseroan sebagai bagian dari program pembenahan BPPN.

Pada tahun 2000, delapan bank BTO lainnya dilebur ke dalam Bank Danamon. Namun sebagai surviving entity, Bank Danamon bangkit menjadi salah satu pilar perbankan nasional. Dalam kurun waktu tiga tahun berikutnya, Bank Danamon melakukan restrukturisasi luas mencakup manajemen, manusia, organisasi, sistem, nilai prilaku serta identitas perusahaan. Upaya ini berhasil meletakkan fondasi maupun prasarana baru bagi Perseroan guna meraih pertumbuhan berdasarkan transparasi, responsibilitas, integritas dan profesionalisme (TRIP).

Pada tahun 2003, Bank Danamon diambil alih oleh Konsorsium Asia Finance Indonesia sebagai pemegang saham pengendali. Dengan kendali manajemen baru, serta modal 180-hari pemetaan modal bisnis dan strategi baru, Bank Danamon terus menjalani perubahan transformasional yang dirancang untuk dijadikannya sebagai bank nasional terkemuka dan pelaku regional unggulan.

B. VISI , MISI & NILAI

B. VISI , MISI & NILAI

Visi
Kita peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan.


Misi

Danamon bertekad untuk menjadi “Lembaga Keuangan Terkemuka” di Indonesia yang keberadaannya diperhitungkan.

Suatu organisasi yang terpusat pada nasabah, yang melayani semua segmen dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen, berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, dan di dukung oleh teknologi kelas dunia.

Aspirasi kami adalah menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya dan yang dihormati oleh nasabah, karyawan, pemegang saham, regulator dan komunitas dimana kami berada.

Nilai
Peduli, Jujur, Mengupayakan yang Terbaik, Kerjasama, Profesionalisme yang Disiplin

C. STRUKTUR ORGANISASI

C. STRUKTUR ORGANISASI

1. DEWAN KOMISARIS

NG KEE CHOE (Komisaris Utama), menjabat sebagai Komisaris Bank Danamon sesuai keputusan RUPST pada bulan Maret 2004, dan selanjutnya diangkat sebagai Komisaris Utama pada RUPST bulan Mei 2006. Menyelesaikan pendidikan di Singapore University dan telah mempunyai berbagai pengalaman antara lain di DBS Bank, Wing Lung Bank Ltd dan Singapore International Foundation. Saat ini menduduki jabatan di beberapa perusahaan terkemuka seperti; Singapore Power Limited, Singapore Airport Terminal Services, Ltd dan Singapore Exchange Limited (SGX).

JB. KRISTIADI (Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen), menjabat sebagai Komisaris Bank Danamon sesuai keputusan RUPST Mei 2005, memperoleh gelar PhD dari Sorbonne University, Perancis tahun 1979. Pernah menjabat sebagai Direktur Pembinaan Kekayaan Negara Departemen Keuangan, Direktur Pembinaan Anggaran Lain-lain dan Kekayaan Negara Departemen Keuangan, dan Ketua Lembaga Administrasi Negara RI sampai tahun 1998. Selanjutnya menjabat sebagai Asisten V Menteri Koordinator Bidang Pengawasan, Pembangunan, dan Pendayagunaan Aparatur Negara sampai tahun 1999, Deputi IV Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara sampai tahun 2001 dan Sekretaris Menteri Negara Komunikasi dan Informasi. Pada saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan RI dan Komisaris PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

MILAN ROBERT SHUSTER (Komisaris/Komisaris Independen), menjabat sebagai Komisaris Bank Danamon sejak tahun 2000. Memperoleh gelar Doctor of Philosophy, program International Economics and Law dari University of Oxford. Beliau bergabung dengan Asian Development Bank tahun 1970-1974, kemudian bergabung dengan Inter Alpha Asia Hong Kong (ING Bank). Beliau kemudian bergabung dengan National Bank of Canada pada tahun 1979-1991. Beliau menjabat sebagai Komisaris pada PT Bank Private. Development Finance Company di Indonesia Tbk (PDFCI) sebelum bergabung dengan Bank Danamon pada tahun 1999 sebagai Direktur Utama.

GAN CHEE YEN (Komisaris), menjabat sebagai Komisaris Bank Danamon sejak 2003. Meraih gelar sarjana jurusan Akuntansi dari National University of Singapore. Memulai karir sebagai Auditor PricewaterhouseCoopers pada Mei 1984. Kemudian bergabung dengan Showa Leasing (S) Pte Ltd pada September 1986. Menduduki posisi sebagai Manajer Senior Keuangan di Singapore Technologies Marine Ltd selama 8 tahun dimulai pada pertengahan tahun 1988, sebelum akhirnya menjadi Direktur Keuangan Singapore Technologies Pte Ltd. Pada saat menjabat sebagai Senior Managing Director, Strategic Development Temasek Holdings (Pte) Ltd, selain menjabat di beberapa perusahaan yang terkait dengan Temasek lainnya.

HARRY ARIEF SOEPARDI SUKADIS (Komisaris/Komisaris Independen), menjabat sebagai Komisaris Bank Danamon sejak 2003. Meraih gelar sarjana jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran tahun 1982. Selama 7 tahun menjabat sebagai General Manager Divisi Akunting di PT Indosat Tbk, perusahaan penyedia jasa telepon dan multimedia Indonesia. Pada tahun 1993, menduduki posisi Manajer Akunting dan Divisi Kontrol PT Semen Cibinong Tbk selama 7 tahun. Kemudian bergabung dengan BPPN pada tahun 2000 dengan posisi terakhir sebagai Direktur Keuangan BPPN.

LIEW CHENG SAN VICTOR (Komisaris), diangkat menjadi komisaris Bank Danamon sesuai keputusan RUPST pada bulan Maret 2004. Menyelesaikan pendidikan di University of Singapura pada tahun 1973 pada bidang Ilmu Sosial dan memulai karir sebagai Head of Treasury di First National Bank of Chicago Singapore Branch pada tahun 1973. Setelah itu memiliki berbagai pengalaman dan jabatan yang strategis di Singapore Commodity Exchange Ltd, CapitaLand Financial Ltd, Fullerton Fund Management Company Ltd dan ST Treasury Services Ltd.

MANGGI T. HABIR (Komisaris/Komisaris Independen), menjabat sebagai Komisaris Bank Danamon sesuai keputusan RUPST Mei 2005, memperoleh gelar Master in Business Administration dari University of Michigan, dan Master in Public Administration dari Harvard University. Selama tahun 1981-1982 dan 1985-1990, beliau pernah bekerja untuk Citibank N.A. Jakarta dalam bidang Corporate Banking. Capital Market dan Financial Institution, dengan jabatan terakhir sebagai Vice President. Pada tahun 2000 sampai dengan 2001 menjabat sebagai Advisor Badan Penyehatan Perbankan Nasional, kemudian selama tiga tahun menjabat sebagai Direktur Riset PT. Bahana Securities, selanjutnya sebagai Presiden Direktur PT Pefindo dari tahun 1998 sampai 2001. Jabatan terakhir beliau adalah Director & Team Leader pada Financial Services Group di Standard &.Poor’s, Singapore.

KRISNA WIJAYA* (Komisaris), praktisi perbankan dan pengamat ekonomi. Lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan pertanian dan Magister Manajemen UGM Yogyakarta. Kandidat Doktor di Fakultas Pasca Sarjana UGM. Pernah menjadi Direktur BRI (2000 – 2005), Komisaris BRI (2005), Direktur Lembaga Pendidikan Perbankan Indonesia (LPPI) tahun 2005 dan Kepala Eksekutif (CEO Lembaga Penjamin Simpanan (Indonesia Deposits Insurance Corporation) 2005 – 2007, sebagai banker profesional mendapatkan keanggotaan tertinggi yaitu sebagai anggota fadil (Senior Ahli). Pengalaman lain pada tahun 2003 menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan dan dicalonkan sebagai Deputi Gubernur BI tahun 2005. Sampai saat ini masih aktif mengajar di berbagai lembaga pendidikan, menulis artikel dan nara sumber berbagai kegiatan seminar mengenai perbankan, moneter dan ekonomi.

2. DEWAN DIREKSI

SEBASTIAN PAREDES (Direktur Utama), diangkat sebagai anggota Direksi Bank Danamon melalui RUPST Mei 2005. Sebelum menjalani masa tugasnya pada saat ini, beliau adalah Managing Director dan Chief Country Officer Citigroup di Afrika Selatan, yang mencakup bisnis Citigroup di Afrika Selatan dan wilayah Sub-Sahara Afrika yang terdiri dari 11 negara. Sebastian memulai karirnya sebagai CFO Confiteca di industri makanan, kemudian bergabung ke Citibank Ekuador sebagai Credit and Risk Analyst pada 1985 dan ditunjuk sebagai Country Head di Ekuador dalam kurun waktu 3 tahun. Selama 18 tahun berkarir di Citigroup, beliau telah menduduki posisi sebagai Country Head dan Business Heads di berbagai negara, termasuk Ekuador, Turki dan Afrika Selatan. Sebastian memperoleh gelar MBA dari Instituo de Empresa – Madrid, Spanyol dan gelar Bachelor of Science dari California University – Fresno, California.

FP JOSEPH LUHUKAY* (Wakil Direktur Utama/Direktur Kepatuhan), memperoleh gelar PhD dalam bidang Ilmu Komputer dari University of Illinois. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Lippo, Direktur Eksekutif Capital Market Society of Indonesia, COO di Bahana Pembinaan Usaha Indonesia dan CIO di Bank Niaga. Di tingkat nasional beliau menjabat Ketua Subkomite Corporate Governance pada Komite Nasional mengenai Kebijakan Governance dan anggota eksekutif Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional yang diketuai Presiden R.I. Beliau juga pernah menjadi Special Advisor of the Chairman untuk Group Bakrie & Brothers dan Staff Ahli Menteri Negara Riset dan Menteri Keuangan R.I. Semasa krisis ekonomi tahun 1998 beliau diangkat oleh pemerintah sebagai Ketua Pelaksana Satuan Tugas Prakarsa Jakarta yang memfasilitasi restrukturisasi hutang swasta.

MULIADI RAHARDJA (Direktur), menjabat sebagai Direktur Bank Danamon sejak 1999. Memperoleh gelar MBA dari Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology, USA pada tahun 1998. Memulai karir sebagai Konsultan pada sebuah Management Consultant di Jakarta pada tahun 1983 dan bergabung dengan PT Sepatu Bata Indonesia Tbk pada tahun 1984. Bergabung dengan Lippo Group pada tahun 1985 di bagian Asuransi, Garmen dan Perbankan. Setelah menjabat sebagai Deputi Group Head di bidang MIS dan account, Budget Planning dan Control di Lippo, pada tahun 1989, beliau bergabung dengan Bank Danamon dan menjabat sebagai Pemimpin Cabang Tangerang. Menduduki posisi akhir sebagai Kepala Divisi Perencanaan, Strategi dan Anggaran sebelum diangkat sebagai Direksi Bank Danamon.

ALI RUKMIJAH (Direktur), diangkat sebagai Direktur Bank Danamon melalui RUPST Mei 2006. Bekerja di Bank Danamon sejak 1999 dengan jabatan terakhir sebagai Head of Transaction and Services. Lulus dari Fakultas Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung tahun 1994 dan mengikuti program pengembangan eksekutif di Harvard Business School tahun 2003. Memulai karir sebagai Management Associate di Citibank Indonesia dan bergabung dengan Bank Papan dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Operasional. Sebagai Tim Pengelola Bank Pos sebelum bergabung dengan Bank Danamon.

SANJIV MALHOTRA (Direktur), merupakan anggota Institute of Chartered Accountants of England and Wales dan juga anggota Institute of Chartered Accountants of Ontario, Kanada, Filipina, India, Thailand dan Uni Emirat Arab. Bergabung dengan Citigroup di berbagai negara dan berbagai sektor bisnis serta menduduki posisi antara lain sebagai Risk Head di Citigroup India, Srilanka, Bangladesh dan Nepal, Chief Risk Officer di Citigroup Thailand dan Regional Risk Manager pada Commercial Credit di Afrika Selatan, India dan Saudi Arabia. Sejak tanggal 1 Februari 2006 Beliau bergabung dengan Bank Danamon sebagai Head of Integrated Risk Management.

VERA EVE LIM (Direktur), diangkat sebagai Direktur Bank Danamon melalui RUPST Mei 2006. Menjadi anggota Board of Management dan menjabat sebagai Chief Financial Officer sejak Oktober 2003. Lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara. Sebelum bergabung dengan Bank, bekerja di Sinar Mas Dipta Insurance pada tahun 1988. Memulai karir di Bank pada tahun 1990 dan menjabat sebagai Senior Vice President Financial Planning & Control sebelum diangkat menjadi Chief Financial Officer.

KANCHAN NIJASURE* (Direktur), adalah lulusan Indian Institute of Technology, Bombay fakultas electrical engineering. Beliau pernah menjabat sebagai sebagai Global Technology Head for Citibusiness di Citibank London dan juga pernah menjabat sebagai Head of Corporate Planning & Development Head World wide Marketing & Sales di Citicorp Infotech Inds Ltd. Pada saat ini menjabat sebagai Kepala IT di PT. Bank Danamon Indonesia Tbk.

HERRY HYKMANTO* (Direktur), adalah lulusan Universitas Padjajaran, Bandung Fakultas Peternakan. Beliau pernah menjabat sebagai Senior Cash Management & Trade Business Development Manager di Standard Chartered Indonesia dan pernah menjabat sebagai International Operations Head di Bank Universal. Pada tahun 1998, beliau adalah bankir Indonesia pertama yang memiliki sertifikasi internasional dalam bidang letter of credit dari International Chamber of Commerce Perancis. Pada saat ini, beliau menjabat sebagai Kepala Transaction Banking di PT. Bank Danamon Indonesia Tbk yang menangani transaksi Trade Finance, Cash Management dan Securities Services. Beliau juga aktif sebagai Chairman Komisi Perbankan Internasional Chamber of Commerce Indonesia dan secara aktif mewakili Indonesia dalam berbagai forum internasional dan regional yang berkaitan dengan peraturan dan kebiasaan dalam transaksi perdagangan internasional.

3. PEMEGANG SAHAM ( sampai akhir tahun 2007)

Pemegang Saham

Kepemilikan Saham

Jumlah Saham

Persentase (%)

Masyarakat

1.298.785.780

26,12

Asia Financial (Indonesia) Pte.Ltd.**

3.424.842.220

68,87

Morgan Stanley Securities Ltd.

248.949.500

5,01

Jumlah

4.972.577.500

100

** Pemegang Saham akhir AFI adalah Temasek Holdings Pte Ltd.
* Berdasarkan data yang tercatat oleh Biro Administrasi Saham, PT Raya Saham Registra

TENTANG TEMASEK HOLDING

Temasek Holdings adalah salah satu perusahaan induk investasi terbesar di Singapura. Berdiri sejak tahun 1974, Temasek memiliki dan mengelola investasi perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam berbagai aktivitas bisnis, mulai dari pelabuhan, pelayaran dan logistik, hingga perbankan dan layanan keuangan, penerbangan, telekomunikasi dan media, pembangkit dan peralatan listrik, serta rel kereta api. Sebagian besar dari perusahaan-perusahaan tersebut termasuk perusahaan terkemuka di Singapura seperti Singapore Airline, Singapore Telecoms, Singapore Technologies, Neptune Orient Lines-APL, PSA Corporation, DBS Bank da Deutsche n Singapore Power.

TENTANG DEUTSCHE BANK

Deutsche Bank adalah salah satu perusahaan penyedia layanan keuangan global terkemuka di dunia. Dengan lebih dari 77.000 karyawan, Deutsche Bank melayani lebih dari 12 juta nasabah di 75 negara di dunia. Didirikan pada tahun 1970, Deutsche Bank saat ini merupakan bank terbesar ketiga di dunia, dengan aset lebih dari 758 miliar Euro per Desember 2002 dan memiliki kantor cabang lebih dari 1.800 dimana 1.500 kantor cabang diantaranya berlokasi di Jerman. Keuntungan bank pada tahun 2002 mencapai 26 miliar Euro. Eropa merupakan home market bagi Deutsche Bank. Kekuatan posisinya di pasar Eropa khususnya Jerman menjadi dasar bagi aktivitas global Deutsche Bank. n Singapore Power.

D. INFO PERUSAHAAN

D. INFO PERUSAHAAN

Berdiri sejak tahun 1956, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) adalah bank swasta nasional terbesar kedua dan termasuk dalam lima besar bank komersial di Indonesia, dengan pangsa pasar sebesar 5 persen dari jumlah pinjaman dan deposit bank-bank di Indonesia. Bank Danamon memiliki jaringan distribusi geografi yang terluas dari semua bank di Indonesia dengan 500 kantor cabang, 790 ATM serta didukung oleh lebih dari 13.000 karyawan. Bank Danamon saat ini dikenal sebagai salah satu bank terkemuka di bidang konsumen dan UKM selain melayani nasabah korporasi dan kelembagaan di seluruh Indonesia. Beberapa penghargaan yang diterima oleh Bank Danamon baru-baru ini antara lain:

· Ranking pertama secara keseluruhan dalam survei Banking Service Excellence yang diselenggarkan oleh Marketing Research Indonesia periode 2003 yang diumumkan pada bulan April 2004 Bisnis Indonesia Award 2003 sebagai Bank Nasional Terbaik

· InfoBank Award 2003 sebagai Bank Dengan Predikat Sangat Baik (Untuk Kategori Bank dengan Aset di atas Rp 20 triliun)

· Kartu Kredit Cicilan Tetap ‘fixnfast’ Bank Danamon mendapat penghargaan dari MasterCard International sebagai The Best MasterCard Electronic Program se Asia-Pasifik Tahun 2003

Asia Financial Indonesia Pte. Ltd. (AFI) saat ini memiliki saham Danamon sebesar 66%. Pemegang saham AFI adalah Temasek Holdings (Pte) Ltd. dan Deutsche Bank AG. Temasek Holdings merupakan perusahaan induk investasi Singapura dimana banyak anak perusahaannya menjadi perusahaan terkemuka di Singapura seperti DBS Bank, salah satu kelompok perusahaan layanan keuangan terbesar di Asia serta perusahaan penerbangan Singapore Airlines. Sedangkan saham Bank Danamon lainnya sebanyak 10% dimiliki oleh Republik Indonesia (Menteri Keuangan) dan sisanya sebesar 24% dimiliki oleh publik. Dengan motto “Percaya Pada Keyakinan Anda”, Bank Danamon menyatakan keyakinannya pada prospek ekonomi dan bisnis kepada para nasabahnya. Gabungan dari kekuatan tim manajemen yang sangat berpengalaman dalam memahami kebutuhan perbankan para nasabahnya di Indonesia serta didukung oleh pemegang saham baru yang memiliki pengalaman dan standar internasional, Bank Danamon memiliki segala unsur yang dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan.

BAB

2

ISI

A. PRODUK & JASA BANK DANAMON

A. PRODUK & JASA BANK DANAMON

1.Trade Finance

Dengan menawarkan berbagai jenis variasi Trade Product, Bank Danamon dapat menyajikan solusi kepada para nasabah yang membutuhkan suatu skema pembiayaan dan servis yang sesuai dengan kebutuhan dan dukungan trade delivery channel yang dapat dipercaya.

Kombinasi antara cakupan wilayah secara nasional dengan aliansi internasional akan membantu nasabah Bank Danamon untuk mencapai tujuan bisnisnya secara efektif

2.SME & Commercial

Bank Danamon senantiasa memberikan komitmen untuk memberikan pelayanannya yang terbaik kepada masyarakat, secara umum pelayanan di Bank Danamon dibagi yaitu layanan dan jasa perbankan (funding bank) dan layanan berupa pemberian kredit kepada debitur (lending bank).

Bank Danamon sebagai bank publik menyadari perannya sebagai intermediasi bank dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk layanan funding produk maupun lending produk.

Dalam rangka untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat secara keseluruhan, maka Bank Danamon membagi segmentasi kredit menjadi :

1. Kredit SME : Rp. 500 juta s/d Rp. 5 Milyar

2. Kredit Commercial : Rp. 5 Milyar s/d Rp. 50 Milyar

3. Kredit Korporasi : > Rp. 50 Milyar

Dengan menerapkan paradigma baru yaitu total relationship maka Bank Danamon mendengarkan dan memberikan solusi yang jelas untuk debitur dan calon constumer berinvestasi atau memenuhi kebutuhan usahanya.

SME & Commercial merupakan bagian unit bisnis Bank Danamon memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, diantaranya :

A. Produk Layanan Perbankan

B. Produk Kredit

3.Treasury Product

Bank Danamon menawarkan produk treasury yang lengkap dan dapat mendukung kebutuhan Anda dalam rangka melakukan lindung nilai (hedging) dan pengaturan arus kas secara tepat dan akurat. Secara umum produk treasury yang tersedia saat ini adalah:

4.Foreign Exchange (Forex).

Produk foreign exchange pada umumnya dimanfaatkan untuk melakukan jual beli valuta asing dan juga lindung nilai atas kekayaan / kewajiban anda terhadap perubahan nilai tukar uang. Beberapa contoh produk yang termasuk dalam kategori foreign exchange yang tersedia di Bank Danamon adalah:

Today, Tommorow dan Spot
yaitu suatu transaksi jual-beli dua jenis valuta asing dengan jangka waktu penyerahan tidak lebih dari 2 hari kerja.

Forward
yaitu suatu transaksi berupa kontrak jual-beli dua jenis valuta asing dengan jangka waktu penyerahannya di masa yang akan datang dengan harga yang telah ditetapkan sekarang.

Swap
adalah suatu transaksi pembelian atau penjualan suatu mata uang lawan mata uang lainnya pada tanggal penyerahan (valuta) tertentu sekaligus dengan perjanjian untuk menjual atau membeli kembali pada tanggal valuta dimasa yang akan datang dengan harga yang telah ditetapkan pada tanggal kontrak.
Kedua transaksi tersebut dilakukan secara bersamaan sekaligus dengan counterparty yang sama. Transaksi swap dapat dilakukan untuk jangka waktu 1 minggu atau lebih.

5. Money Market.
Produk money market dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan peroleh hasil bunga dalam jangka pendek. Bererapa produk money market yang telah tersedia saat ini adalah :

DepositOnCall
suatu instrument investasi jangka pendek yang sangat likuid dimana Anda dapat mengatur jangka waktu penempatan yang tidak lebih dari 1 bulan dengan hasil bunga yang cukup menguntungkan sesuai dengan kondisi pasar.

Sertifikat Bank Indonesia.
Bank Danamon menyediakan diri menjadi perantara pembelian instrument investasi jangka pendek 1 atau 3 bulan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan yang memadai sekaligus terhindar dari risiko default.

6.Derivative.
Bank Danamon dengan berbekal para dealer yang berpengalaman, akan membantu Anda melakukan lindung nilai melalui transaksi derivative atas perubahan nilai tukar uang maupun atas gejolak sukubunga.

Option,
adalah suatu kontrak atau perjanjian yang memberikan hak kepada Anda untuk menjual atau membeli mata uang asing dengan mata uang lainnya pada suatu harga (strike price) tertentu. Atas perolehan hak tersebut Anda cuma perlu membayar premi yang sesuai dengan risikonya. Penetapan harga , premi dan tanggal settlementnya disepakati bersama pada saat transaksi dilakukan.

Interest Rate Swap (IRS),
adalah suatu transaksi yang dilakukan untuk melakukan lindung nilai yang timbul akibat perubahan suku bunga atas penempatan atau kewajiban pada masa yang akan datang.

7. Capital Market.
Jika Anda berkeinginan untuk melakukan investasi dengan jangka waktu yang lebih panjang antara 2 sampai 5 tahun, Bank Danamon dengan pengalaman dan jaringan yang telah dipunyai hingga kini, berkeyakinan untuk memberikan advis kepada Anda atas instrument investasi jangka panjang yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

8. Pra & Post Import ( Aspek Pembelian ) :

Berbagai penyajian variasi produk diselaraskan dengan kebutuhan pembiayaan untuk pembelian barang pada siklus perdagangan nasabah.

· Letter of Credits

Menyajikan solusi untuk kebutuhan nasabah dalam penerbitan berbagai jenis LC seperti Import LC Impor, LC Local /SKBDN, Tranferable LC dan Standby LC.

· L/C Financing

Solusi untuk kebutuhan pembiayaan yang terkait dengan penerbitan LC seperti LC Sight Financing dan Usance Payable At Sight (UPAS).

· Inward Collection Services

Menyediakan jasa penagihan atas dokumen impor termasuk solusi pembiayaan melalui proses avalisasi dokumen.

· Financing against Trust Receipt

Solusi untuk kebutuhan pembiayaan berdasarkan Trust Receipt guna melunasi LC Impor atau Dokumen Collection yang jatuh tempo.

· Shipping Guarantee
Solusi atas kebutuhan nasabah untuk mengeluarkan barang impor dari pelabuhan pada saat Bill of Lading belum tiba / masih dalam perjalanan.

· Open Account Financing (Import)

Menyediakan solusi atas kebutuhan modal kerja jangka pendek atas transaksi perdagangan yang dilakukan dengan cara Open Account.

· Supplier Financing

Menyediakan pembiayaan kepada supplier atas kebutuhan pendanaan sebelum dan sesudah pengiriman barang.

9. Pre & Post Export (Aspek Penjualan):

· Transferable L/C
Menyediakan solusi untuk penagihan / pembiayaan kepada nasabah yang membutuhkan pengalihan /pemindahan syarat dan kondisi dari LC yang telah diterima.

· Pre-Shipment Financingunder L/C
Menyediakan pembiayaan atas dasar LC untuk kebutuhan modal kerja jangka pendek sebelum barang-barang dikirimkan.

· Pre-Shipment Financingunder Purchase Order
Menyediakan pembiayaan atas dasar order pembelian untuk kebutuhan modal kerja jangka pendek sebelum barang-barang dikirimkan.

· Clean L/C Negotiation
Menyediakan pembiayaan atas dasar dokumen LC ekspor yang lengkap untuk kebutuhan modal kerja setelah barang-barang dikirimkan kepada pembeli.

· Discrepant L/C Negotiation
Menyediakan pembiayaan atas dasar dokumen LC ekspor yang tidak lengkap untuk kebutuhan modal kerja setelah barang-barang dikirimkan kepada pembeli.

· Outward Collection Services
Menyediakan jasa penagihan piutang ekspor kepada penjual.

· Outward Collection Financing
Menyediakan solusi pembiayaan atas kebutuhan modal kerja jangka pendek berdasarkan dokumen ekspor yang ditagihkan melalui bank.

· Open Account Financing (Export)
Menyediakan pembiayaan atas kebutuhan pendanaan sebelum dan setelah pengiriman barang berdasarkan pada commercial invoice dalam transaksi perdagangan dengan cara open account.

· Buyeror Distributor Financing
Menyediakan pembiayaan kepada pembeli atau para distributor atas kebutuhan modal kerja .

10. Bank Guarantees:
Menyediakan solusi bagi nasabah untuk kebutuhan pemberian jaminan pelaksanaan pekerjaan seperti yang diminta / ditetapkan dalam suatu perjanjian kontrak.

11. Produk Tabungan & Investasi

Kartu Kredit Danamon

Bagi kami tiap nasabah adalah pribadi yang unik. Untuk itu kami menyediakan kartu kredit yang bukan sekedar alat pembayaran, tetapi juga mewakili keunikan diri Anda. Kini saatnya Anda menggunakan kartu kredit yang sesuai dengan kepribadian Anda. Berbagai fasilitas dari kartu kredit Bank Danamon.

DANAMON CLASSIC, GOLD DAN PLATINUM

Sekarang saatnya Anda memiliki kebebasan untuk memilih apa yang Anda inginkan dari Kartu Kredit Anda, mulai dari tanggal tagihan sampai tagihan mana yang akan didiskon, Anda yang tentukan sendiri. Kini Anda Bisa.

MANCHESTER UNITED CARD

Selamat bergabung dengan komunitas Manchester United Card, kartu kredit resmi dari klub sepak bola yang dipersembahkan khusus untuk Anda, penggemar Manchester United di Indonesia. Gunakan Manchester United Card dengan segala keunggulannya:

1.Langsung pergi ke old Trafford untuk pemakaian paling sering

2. Diskon hingga 50% di Red Zone

3. Memorabilia Manchester United

PRUDENTIAL CARD

Prudential Card hadir sebagai wujud komitmen Prudential dan Bank Danamon untuk kenyamanan ekslusif bagi Anda keluarga Prudential. Prudential Card hadir dengan kelebihan diantaranya:

1. Gratis Iuran Tahunan di tahun pertama

2. Secara otomatis memberikan kemudahan pembayaran premi melalui fitur auto debet

3. Reward point yang dapat digunakan untuk pembayaran iuran tahunan Prudential Card atau pembayaran premi Prudential

4. Gratis asuransi Credit Protection dengan nilai perlindungan hingga Rp.25 Juta

WORLD CARD

World Card adalah salah satu produk super premium dari MasterCard yang diterbitkan oleh Bank Danamon. Produk ini mempunyai fitur-fitur yang memanjakan customer dengan selera yang tinggi (savvy style). World Card ditawarkan untuk kenyamanan bertransaksi khususnya bagi customer yang senang berwisata. Selain diskon hotel dan restoran yang menguntungkan, juga ditawarkan kemudahan mendapatkan program airline miles yang memberikan Anda nilai tukar miles yang lebih tinggi dibandingkan dengan kartu kredit Anda lainnya.

VISA INFINITE

Kartu kredit premium berkelas dunia untuk kepribadian spesial yang membutuhkan pelayanan tertinggi

Bagi Anda kami sediakan Privilege Service, Privilege Protection, Privilege Travel Companion serta layanan prima untuk semua kebutuhan Anda kapanpun dan dimanapun Anda berada

ICARD

Danamon iCard, kartu kredit inovasi terbaru yang semakin memudahkan perencanaan keuangan Anda. Nikmati kemudahan dan kenyamanan sesuai dengan pilihan serta gaya hidup Anda. iCard dapat Anda gunakan di seluruh dunia dengan didukung oleh jaringan MasterCard International.

B. SERVICE

B. SERVICE

1.Account Services

Kami menawarkan sejumlah rekening simpanan dan transaksional yang dapat dikelola menurut suatu struktur tertentu untuk menyediakan informasi menyeluruh mengenai bisnis Anda. Rekening-rekening ini, yang dibuat untuk mendukung suatu manajemen arus kas yang sempurna, dapat diakses melalui jaringan layanan Bank Danamon yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

· Giro Danamon (Rupiah and Foreign Currency)

· Time Deposit

· Tabungan Danamon

2. Disbursement Services

We understand that your business reputation is of the ultimate importance a course of accurate& timely payments is among a few ways to secure it. Our suite of payment facilities help you automate administration tasks & simplify reconciliation process pertaining to your day-to-day payment activities.

· Auto Credit

· Payroll

· Cash Delivery Service

· Cash Withdrawal

· Cheque Withdrawal / Incoming Clearing

· Outgoing Transfer (LLG/RTGS)

· Overbooking

· Outgoing Remittance

· Standing Instruction

· Cheque Book Order

3. Colecction Services

Kami memahami bahwa reputasi merupakan salah satu hal terpenting bagi bisnis Anda – proses pembayaran yang akurat dan tepat waktu kepada rekan bisnis merupakan salah satu cara untuk membuktikan hal tersebut. Rangkaian fasilitas pembayaran kami akan membantu Anda mengotomasi berbagai tugas administratif serta mempermudah proses rekonsiliasi yang terkait dengan aktifitas pembayaran sehari-hari.

· Auto Debit

· Cash Pick Up Service

· Cash Deposit

· Cheque Deposit / Outgoing Clearing

· Inkaso

· Intercity Clearing

· Incoming Transfer (LLG/RTGS)

· Incoming Remittance

4. Liquidity Management

Kami juga menawarkan pengelolaan likuiditas perusahaan Anda melalui Layanan Liquidity Management. Layanan ini memastikan ketersediaan dana yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan arus kas Anda, sekaligus memaksimalkan tingkat pengembalian dari dana yang mengendap.

· Cash Pooling

· Cash Distribution

5. Cash Management

Sejalan dengan meningkatnya persaingan bisnis dan semakin kompleksnya transaksi keuangan saat ini, dunia usaha semakin membutuhkan suatu terobosan dan solusi jitu untuk tetap berada di garis depan.

Sebagai salah satu bank swasta nasional terbesar di Indonesia, Bank Danamon melengkapi rangkaian produk terbaiknya dengan menghadirkan DANAMON CASH MANAGEMENT, suatu solusi perbankan terpadu yang dirancang untuk membantu nasabah dalam mengelola perputaran arus kas serta tingkat likuiditas secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan tingkat profitabilitas yang optimal. Dengan memanfaatkan DANAMON CASH MANAGEMENT, segala upaya strategis dapat lebih difokuskan pada bisnis inti Anda.

Manfaat Danamon Cash Management Bagi Anda :

1. Efisiensi

a. Otomasi atas berbagai transaksi pembayaran

b. Efektifitas biaya & waktu: membebaskan Anda dari keharusan untuk berkunjung langsung ke kantor cabang

c. Menyederhanakan berbagai tugas administrative

2. Peningkatan Pendapatan

a. Mengoptimalkan tingkat pengembalian sekaligus menjaga likuiditas serta ketersediaan dana

b. Mempercepat penerimaan piutang

3. Kontrol

a. Memudahkan proses rekonsiliasi

b. Akses real-time kepada semua informasi saldo melalui jaringan elektronik

4. Resiko

a. Memperbaiki manajemen risiko dan pemantauan atas eksposur dana

b. Kontrol yang lebih baik atas risiko pihak ketiga

MENGAPA DANAMON CASH MANAGEMENT ? Di dukung oleh salah satu bank swasta besar di Indonesia dengan:

Kinerja keuangan yang sangat baik.

Komitmen dan dukungan yang kuat dari pasar pemegang saham dengan reputasi internasional serta tim manajemen yang professional

Jaringan distribusi berbasis on-line real-time yang tersebar luas (+/- 500 kantor cabang, 700 ATM dan Call Center di 33 provinsi dan lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia).

Beragam produk dan layanan perbankan yang sesual bagi kebutuhan bisnis Anda.

Lebih dari 800 bank koresponden di seluruh dunia

Komitmen tinggi dalam menerapkan perkembangan teknologi terkini

Ditangani oleh tim profesional yang terpercaya dan berpengalaman dalam merancang solusi yang paling tepat bagi kelancaran bisnis Anda

Layanan purna jual yang tangguh

Berpengalaman dalam mengimplementasikan layanan-layanan transaksional kepada perusahaan-perusahaan terkemuka

Layanan Danamon Cash Management dapat diakses melalui berbagai channel, yaitu:

1. Cash@Work *

2. Jaringan Cabang Bank Danamon Branches

3. ATM

4. Danamon Access Center (Call Center)

5. Electronic Data Capture (EDC)

6. HP Banking

6. MoneyGram

Kapanpun Anda ingin kirim atau terima uang gunakan layanan MoneyGram.

Cara paling cepat, tepat, aman, mudah dan terpercaya untuk mengirim atau menerima uang dalam hitungan menit di seluruh dunia. Tidak ada layanan lain yang dapat menandingi kecepatan dan kemudahannya.

Aman dan Terpercaya

Dengan jaringan luas dari agen-agen berkualitas yang terhubung dengan sistem komputerisasi akan mengirimkan uang Anda dengan aman dan akan ditangani dengan baik tanpa keterlambatan. Ribuan orang di seluruh dunia telah menggunakan layanan MoneyGram yang dikenal Aman dan Terpercaya.

Cepat dan Tepat

MoneyGram tersedia di lebih dari 155 negara dan lebih dari 55.000 lokasi di seluruh dunia. Dengan MoneyGram uang Anda akan dikirimkan dengan segera dan dapat langsung diterima dalam 10 menit. Layanan lain dapat menghabiskan waktu selama beberpaa hari bahkan mungkin beberapa minggu. Caranya mudah, Anda tidak harus memiliki rekening Bank ataupun Kartu Kredit. Dengan segera penerima akan mendapatkan uang tunai.

Bebas layanan pengiriman pesan
Dengan MoneyGram terdapat layanan tambahan berupa pengiriman pesan sebanyak 10 kata dalam setiap transaksi tanpa dikenakan biaya.

Mudah dikirim! Mudah diterima! Ikuti langkah mudah dibawah ini :

Untuk Kirim Uang
Berikan identitas diri (contoh : paspor) danisi formulir singkat. Bayarkan sejumlah uang yang akan Anda kirimkan ditambah dengan biaya pengiriman MoneyGram. Kemudian Anda akan diberikan nomor referensi MoneyGram. Hubungi orang yang akan menerima uang dan berikan nomor referensi tersebut.

Untuk Terima Uang
Pastikan bahwa pengirim telah memberikan nomor referensi MoneyGram. Pergilah ke agen MoneyGram (pengirim akan mengusulkan agen terdekat) dan bawalah kartu identitas diri Anda (contoh : paspor). Cantumkan nomor referensi dan isi formulir. Anda akan menerima uang dengan segera dan umumnya dengan mata uang setempat.

Kapan saatnya menggunakan layanan MoneyGram?

  • Ketika bekerja di luar negeri dan perlu mengirimkan uang kepada keluarga di rumah
  • Ketika perlu mengirimkan uang tunai kepada teman, kerabat atau karyawan Anda di negara atau kota lain
  • Dalam keadaan darurat ketika mengadakan perjalanan
  • Ketika putra atau putri Anda memerlukan uang tunai dengan segera di saat liburan atau di tempat mereka bersekolah.

Jadi layanan MoneyGram memang diperuntukkan bagi siapa saja yang perlu mengirim dan menerima uang dengan cepat dan aman.

Layanan MoneyGram merupakan cara yang cepat, tepat, aman, mudah dan terpercaya untuk Kirim atau Terima uang dalam hitungan menit di seluruh dunia

7. Layanan Electronic Banking

Layanan Electronic Banking Danamon untuk Kemudahan dan Kenyamanan Transaksi Perbankan Anda

Sesuai dengan misi kami untuk senantiasa berupaya meningkatkan kepuasan Anda dalam melakukan transaksi. Danamon telah mengembangkan Layanan perbankan elektronis untuk menunjang transaksi perbankan yang mudah, aman dan nyaman. Dengan demikian Anda akan dapat melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Dengan konsistensi dan komitmen untuk senatiasa meningkatkan layanan perbankan elektronis yang semakin cangih dan fitur yang semakin lengkap, kami mempersembahkan Layanan Electronic Banking yang telah kami kembangkan saat ini adalah :

  • ATM
  • HP BANGKING
  • Danamon Access Centre
  • Danamon Autodebet

8. Trade Finance and Service Network

Jakarta

Menara Bank Danamon 9th floor
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. E-4 No.6 Mega Kuningan, Jakarta 12950

Phone : 57991001-3 Ext 8958, 8942 8957,
8965, 8963, 1039,1053,1043
Fax     : 57991073 Swift: BDINIDJA

· Trade Sales

· Isabella Aritonang

· M. Hari Siswanto

· Edwin Rudianto

· R. Adhi Susatyo

· Jerry Yoestiadi

· Trade Operation

· Selamat Nooril

· Tetty Hertrinita

· Navy Andria

Bandung

Jl. Asia Afrika No. 180 Lt.2 Bandung
Telp. 022-201505 ext, 103 / 131
Fax.  022-4231928

·

· Tommy Tjahjadi

Semarang

Jl. Pemuda No. 175 Semarang
Telp. 024-3549401 ext. 154
Fax.  024-3517822/ 3549424

· Albertus Wiwik W

Yogyakarta

Jl. Diponegoro No. 97 Yogyakarta
Telp. 0274-565053
Fax.  0274-565033

· RR Rinda Runi

Solo

Jl Jendral Sudirman 5 Solo
telp  : (0271)661996
fax   : (0271)663323

· Imam A. Kusnandar

Surabaya

Jl. Gubernur Suryo No. 12 Surabaya
Telp. 031-5472884
Fax.  031-5349231

· Anton Danusaputra

· Ficyana Tri Suryani

· Diah Saraswati

Makassar

Jl. A. Yani No. 11 Makassar
Telp. 0411-312745 ext. 3021
Fax.  0411-315604

·

· M. Haslinda

Palu

Jl. Sultan Hasanuddin No. 27 Palu
Telp. 0451-428265 / 423452
Fax.  0451-453136

·

· Irmariani HI Sabolla

Menado

Jl. Dr. Sutomo No. 63 Menado
Tel.p 0431-859982 ext. 309
Fax.  0431-841677

· Rompis M Osak

Banjarmasin

Jl. A. Yani No.18 KM 2,5 Banjarmasin
Telp. 0511-3266279-81 ext. 308
Fax.
0511-3257354

· Islaini Noor

Samarinda

Jl. Jend.Sudirman No.31 Samarinda
Telp. 0541-732832
Fax.
0541-732831

· Trien Kuntari

Balikpapan

Jl. Jend. Sudirman No. 54 Balikpapan 76113 – Kalimantan Timur
Telp : (62 542) 413649
Fax : (62 542) 737104

· Nana Taryana

Medan

Jl. Diponegoro No. 35 Medan
Telp. 061-4552000 ext. 3024
Fax.  061-4526548

· Sihar Sihombing

· Iwan Chandra

Tanjung Pinang

Jl. Pos 3 Tanjung Pinang – Bintan 29111
Telp. 0771-311716
Fax.
0771-311716

· Tino Fardiansyah

Palembang

Jl. Jend.Sudirman No. 440 Palembang
Telp. 0711-312606
Fax.  0711-310116

· Isriyati Husin

Lampung

Jl. Patimura no.2 Teluk Betung
Telp. 0721-484760 ext. 63
Fax.  0721-484721

· Lydia Kusuma

· Erni Sari

C DANAMON SYARIAH

C DANAMON SYARIAH

1. Berdirinya Danamon Syariah

Pendirian Bank Danamon Syariah ini merupakan perwujudan dari visi Bank Danamon untuk menjadi Bank Pilihan Masyarakat (The Bank of Choice) serta langkah strategis dalam menyongsong pertumbuhan dan perkembangan pasar perbankan syariah yang semakin dinamis dan upaya dukungan terhadap langkah-langkah pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Target utama dan penghimpunan dana berasal dari golongan menengah ke atas serta fokus penyaluran pembiayaan 80 % untuk sektor UKMK dan 20 % untuk konsumer.

Peresmian Bank Danamon Syariah ditandai dengan peresmian Cabang Perdana di Ciracas Jakarta Timur yang diresmikan pada tanggal 14 Mei 2002 oleh Sekretaris Menteri Negara Koperasi dan UKM, Chairul Fadjar Sofyan yang mewakili Menteri Negara Koperasi dan UKM. Saat ini Bank Danamon Syariah sudah memiliki 7 Kantor Cabang Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia. Bertindak sebagai Dewan Pengawas Syariah Bank Danamon adalah anggota Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia, yang terdiri dari Prof. Dr. Din Syamsuddin, MA (Ketua), Ir. Adi Warman Karim, MBA (Anggota) dan Drs. Hasanuddin, Mag (Anggota)

Dalam menjalankan kegiatannya, Bank Danamon Syariah menerapkan sistem bagi hasil, jual beli dan titipan sehingga tidak terpengaruh oleh fluktuasi suku bunga serta dikelola oleh sumber daya insani yang berkinerja tinggi dengan berlandaskan pada sifat siddiq (jujur), tabligh (menyampaikan), fathonah (cerdik), amanah (dapat dipercaya) dan itqan (profesional).

Diharapkan dengan hadirnya Bank Danamon Syariah, maka dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa perbankan yang berbasis pada prinsip-prinsip bisnis secara islami, halal, tidak menganut sistem riba (membungakan uang), ghoror (ketidakjelasan/manipulatif) maupun maisyir (spekulasi/perjudian).

Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati layanan perbankan yang sesuai dengan syariah Islam dimana hal itu secara spiritual akan menciptakan ketenangan batin karena dananya akan diinvestasikan kembali kepada bisnis atau hal-hal yang membawa kemaslahatan bagi masyarakat banyak.

Dengan dukungan teknologi dan jaringan Bank Danamon yang mencakup hampir 500 Cabang dan sekitar 750 ATM Bank Danamon di seluruh provinsi, Bank Danamon Syariah siap melayani nasabah dengan berbagai produk pembiayaan dan pendanaan yang mampu memenuhi kebutuhan nasabah antara lain :

1. Tabungan Bagi Hasil (Tabungan Mudharabah)

2. Investasi Terikat (Mudharabah Muqayyadah)

3. Gadai Emas Syariah (emas dan berlian dengan nilai pembiayaan sampai dengan Rp250 juta)

4. Pembiayaan Konsumsi (mobil, sepeda motor, rumah, renovasi rumah dan barang profesi)

5. Sewa Menyewa (Ijarah)
Pembiayaan Bagi Hasil (Mudharabah dan Musyarakah)

Untuk meningkatkan pelayanan, selain dapat melakukan transaksi di Kantor Cabang Syariah, transaksi penyetoran di seluruh kantor cabang Bank Danamon konvensional dan transaksi di 700 ATM Bank Danamon, nasabah Bank Danamon Syariah dapat bertransaksi secara on line di 25 cabang Bank Danamon konvensional di seluruh Indonesia. Transaksi yang dapat dilakukan adalah :

1. Pemindahbukuan dari konvensional ke syariah dan sebaliknya
2. Cetak buku tabungan
3. Setor on line ke rekening syariah
4. Penarikan tunai tabungan syariah

Sementara itu, sampai dengan September 2003, Bank Danamon Syaraih telah mengumpulkan dana pihak ketiga sekitar Rp 127 miliar dan mengucurkan pembiayaan sekitar Rp 113 miliar. Dari total pembiayaan tersebut, sekitar 40% atau sekitar Rp 44 miliar disalurkan dalam bentuk pembiayaan usaha kecil dan menengah (UKM), baik berupa barang modal maupun investasi. Total penyaluran pembiayaan Bank Danamon Syariah tersebut meningkat lebih dari 400% jika dibandingkan dengan Desember 2002.

Rencana ke depannya, telah dilakukan pengkajian dan persiapan berbagai rencana pengembangan produk yang diharapkan mampu memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat dalam transaksi perbankan dan kompetitif di pasar, baik di sisi produk dana pihak ketiga maupun produk pembiayaan.

2. Produk Danamon Syariah

A. Tabungan Bagi Hasil (Mudharabah)

Menabung Sekaligus Berinvestasi yang Aman, Fleksibel dan Sesuai Syariah

Tabungan bagi hasil adalah tabungan yang berdasarkan prinsip mudharabah mutlaqah, yaitu bank akan mengelola dana yang diinvestasikan oleh nasabah secara produktif, menguntungkan dan memenuhi prinsip-prinsip syariah Islam dan hasil keuntungannya akan dibagikan kepada nasabah dan bank sesuai nisbah yang disepakati bersama sebelumnya.

Manfaat:

1. Aman dan nyaman bertransaksi

2. Fleksibilitas yang tinggi dalam bertransaksi

3. Nisbah bagi hasil yang kompetitif

4. Dana akan diinvestasikan kepada sektor riil yang menguntungkan

5. Kartu ATM gratis

Fasilitas:

1. Layanan transaksi ATM 24 jam untuk penarikan tunai maksimal Rp 5 juta perhari, informasi saldo, pindah buku antar rekening Bank Danamon Syariah maksimal Rp 50 juta per hari dan ganti PIN melalui seluruh jaringan ATM Bank Danamon.

2. Layanan Transaksi penyetoran & penarikan tunai serta cetak mutasi buku tabungan secara on line melalui cabang-cabang Bank Danamon konvensional tertentu.

3. Layanan Informasi produk 24 jam melalui Danamon Acces Center.

4. Bagi Hasil dibayarkan setiap awal bulan.

Persyaratan:

1. Menunjukan identitas asli yang masih berlaku

2. Mengisi formulir pembukaan rekening

3. Setoran awal Rp 50.000

4. Setoran berikutnya bebas

5. Biaya administrasi bulanan Rp 5.000

Contoh Perhitungan Bagi Hasil

Saldo rata-rata Bp Halim bulan Juni 2002 sebesar Rp 2.000.000 sedangkan saldo rata-rata tabungan seluruh nasabah Bank Danamon Syariah pada bulan tersebut sebesar Rp 500.000.000. Bila perbandingan bagi hasil antara nasabah dan bank sebesar 50:50 dan pendapatan bank yang dibagihasilkan untuk tabungan sebesar Rp 5.000.000, maka bagi hasil yang didapatkan oleh Bp Halim adalah sebesar:

(Rp 2.000.000 ÷ Rp 500.000.000) × Rp 5.000.000 × 50% = Rp 10.000

B. Beli Bayar Tangguh (BBT) Usaha

Kemajuan Usaha Anda adalah Kebahagiaan Kami

Memajukan suatu usaha tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Kini hanya perlu memilih barang-barang modal kerja dan investasi yang diinginkan dan dibutuhkan, kami akan memberikan solusi untuk mewujudkannya. Inilah cara tercepat dan mudah untuk segera memajukan usaha Anda.

Flexibilitas:

1. Jumlah pembiayaan sampai dengan Rp 5 milyar

2. Uang muka sangat ringan hanya 25% dari total pembiayaan

3. Pembayaran angsuran dapat disesuaikan dengan kemampuan, jangka waktu pembiayaan sampai dengan 1 tahun

4. Bebas memilih barang-barang modal kerja dan investasi sesuai keinginan dan kebutuhan nasabah

5. Marjin yang kompetitif

Kemudahan:

a. Proses pembiayaan relatif mudah dan cepat

b. Kemudahan cara pembayaran angsuran

c. Perlindungan asuransi syariah

Bebas dinikmati siapa saja

a. Warga Negara Indonesia

b. Berusia 21 s.d 55 tahun

c. Telah menjalankan usaha minimal 2 tahun dalam kondisi baik

Dokumen yang Diperlukan:

Dokumen

Fotokopi KTP anda (suami/istri)

yes

Fotokopi Kartu Keluarga

yes

Fotokopi NPWP pribadi atau perusahaan dengan surat pernyataan/SPT PPH 21*

yes

Fotokopi rekening Koran/tabungan (3 bln terakhir)

yes

Dokumen Pembelian Barang

yes

Slip Gaji & Surat Keterangan Lama Bekerja

no

Fotokopi SIUP/TDP/SIP

yes

Fotokopi Neraca Perusahaan dan Rugi/ Laba (2 bln terakhir)

yes

Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan berikut perubahannya

yes

* NPWP diperlukan untuk permohonan pembiayaan diatas Rp. 50.000.000,-

C. Wakalah

Wakalah atau wikalah berarti menyerahkan, pendelegasian atau pemberian mandat atau Secara teknis berarti pelimpahan kekuasaan oleh seseorang sebagai pihak pertama kepada orang lain sebagai pihak kedua dalam hal-hal yang diwakilkan

Bank Danamon Syariah menyediakan jasa-jasa layanan wakalah berupa :

1. Transfer Bank Lain Rupiah Domestik

2. RTGS

3. Penarikan warkat bank lain

3. Jasa Danamon Syariah

a. Danamon Simpan Pinjam – Self Employed Mass Market

Di negara kita ada 19,5 juta usaha berskala mikro dan kecil. Sebagian besar dari pengusaha ini tidak mempunyai akses ke layanan perbankan. Danamon Simpan Pinjam (DSP) hadir untuk melayani mereka secara khusus.

DSP hanya untuk usaha skala mikro dan kecil
DSP adalah sebuah divisi yang dikembangkan oleh Bank Danamon secara khusus untuk melayani dan membantu mengembangkan usaha berskala mikro dan kecil. Semua produk, proses, kantor cabang dan layanan di DSP dirancang dan dikembangkan secara khusus hanya untuk memenuhi kebutuhan pengusaha mikro dan kecil. Bahkan nama dan logo DSP-pun adalah pilihan mereka.

Dalam definisi kami, usaha mikro dan kecil adalah usaha yang memiliki tingkat penjualan tahunan tidak lebih dari Rp 2 milyar atau memiliki kebutuhan pinjaman antara Rp 1 juta hingga Rp 500 juta. Sebagian besar usaha ini adalah usaha informal yang tidak berbadan hukum, dimiliki dan dikelola oleh perorangan. Kurang lebih 66%, berada di Pulau Jawa dan Bali.

Hanya 36% usaha mikro dan kecil yang mempunyai akses ke layanan perbankan.
Berdasarkan data bersumber dari Biro Pusat Statistik, Bank Dunia dan analisa kami, di negara kita ada 19,5 juta usaha berskala mikro dan kecil di seluruh Indonesia. 60% adalah pedagang yang berusaha di ribuan pasar tradisional di seluruh Indonesia.. Pada bulan November 2003, Bank Danamon melakukan penelitian pasar. Dalam penelitian ini kami mewawancara 1000 pengusaha mikro dan kecil di 8 kota besar. Melalui penelitian ini diketahui bahwa 94% dari responden membutuhkan pinjaman, namun hanya 36% (yaitu 61% dari 60% yang mempunyai pinjaman pada saat penelitian dilakukan – currently borrow), yang meminjam dari BRI dan bank komersial lainnya. Hanya 5% yang Mereka mengatakan, Bank terlalu rumit dan menakutkan
Melalui penelitian yang sama, responden mengatakan bahwa persyaratan dan proses untuk meminjam uang di bank terlalu rumit, proses terlalu lama dan lokasi bank terlalu jauh dari tempat usaha, dan mereka tidak mempunyai waktu untuk datang ke bank karena harus menunggu toko/kios-nya. Sebagian besar mengatakan bahwa bank “menakutkan” dan bukan untuk mereka. Mereka membutuhkan layanan dan persyaratan yang sederhana, proses yang mudah dan cepat, kenyamanan bertransaksi dan kalau bisa transaksi dapat dilakukan di tempat mereka.

Dari riset ini kami berkesimpulan bahwa kebijakan, produk dan proses yang berlaku di Bank Danamon saat itu memang tidak dirancang untuk melayani nasabah seperti ini. Oleh karena itulah diputuskan untuk membangun suatu organisasi khusus untuk melayani mereka. Maka lahirlah Danamon Simpan Pinjam (DSP).

DSP memberikan apa yang mereka butuhkan.
Kesederhanaan.
Persyaratan dan proses yang sederhana, yang diterjemahkan dalam persyaratan jaminan dan dokumentasi yang fleksibel dan sederhana; proses transaksi yang sederhana menggunakan cap jempol (teknologi biometrik).

Kecepatan.
Proses persetujuan kredit dalam 2 hari untuk kredit dibawah Rp 50 juta dan 3 hari untuk kredit lebih dari Rp 50 juta.

Kenyamanan.
Lokasi cabang berada dalam komunitas yang dilayani, transaksi dapat dilakukan di tempat kastemer, layanan jemput uang tunai setiap hari untuk menggalakkan kebiasaan menabung secara teratur.

Solusi Total.
DSP melayani seluruh kebutuhan perbankan kastemer baik bisnis maupun konsumtif, melalui kelengkapan produk dan layanan.

b. Produk-produk DSP-SEMM


1..Tabungan DSP
Simpanan berupa tabungan tanpa buku tabungan, dan hanya menggunakan kartu DSP sebagai identitas. Verifikasi menggunakan thumbprint/sidik jari nasabah yang terekam pada kartu DSP

2. Deposito DSP
Simpanan berupa deposito berjangka menggunakan bilyet deposito sebagai bukti kepemilikan dan dapat diperbaharui otomatis menggunakan suku bunga yang berlaku.
Minimum Setoran Awal Rp 1 juta

3. Dana Pinjam50
Pinjaman untuk modal usaha atau keperluan pribadi dengan jaminan, cair dalam 2 hari kerja, dengan maksimum Pinjaman Rp 50 juta dan minimum Pinjaman Rp. 1 juta
4. Dana Pinjam200
Pinjaman untuk modal usaha atau keperluan pribadi dengan jaminan, cair dalam 3 hari kerja, dengan maksimum Pinjaman Rp 500 juta dan minimum Pinjaman Rp. 50 juta

5. Dana Talangan

Pinjaman jangka pendek untuk modal usaha atau keperluan pribadi, tanpa jaminan dan cair dalam 2 hari kerja, dengan maksimum Pinjaman Rp 10 juta dan minimum Pinjaman Rp.1 juta.

6. Dana Siaga

Pinjaman yang tersedia untuk penabung yang secara rutin menabung minimal Rp. 100.000,- selama 6 bulan berturut-turut, dan cair dalam 2 hari kerja, dengan maksimum Pinjaman adalah 2 – 4 kali lipat dari saldo rata-rata tabungan selama 6 bulan sebelumnya atau Rp. 10 juta.

DSP dan Danamon Peduli membantu mengembangkan potensi setiap komunitas dimana DSP unit berada.
Danamon Peduli adalah yayasan yang dimiliki oleh Bank Danamon yang mempunyai misi untuk mengembangkan usaha mikro dan kecil melalui kegiataan:

· pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan,

· membantu memperluas jaringan pemasaran produk,

· memberi akses kepada anak-anak mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta

· membangun lingkungan hidup yang bersih.

Sumber dana Danamon Peduli berasal dari sebagian keuntungan Bank Danamon yang disisihkan, sumbangan dari kastemer dan karyawan Bank Danamon.

DSP dan Danamon Peduli akan masuk ke komunitas secara berdampingan untuk melayani dan membantu mengembangkan potensi komunitas secara total.203 unit DSP telah beroperasi Pada tanggal 14 Juli 2004, 30 unit DSP telah beroperasi melayani komunitas usaha mikro dan kecil di Pulau Jawa. Sambutan masyarakat di setiap komunitas yang dilayani sangat luar biasa. Karyawan DSP sangat percaya diri dan bangga dengan pekerjaan mereka. Kinerja keuangan unit sangat baik. Bank Danamon akan terus mengembangkan unit DSP agar dapat melayani lebih banyak komunitas pengusaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia.

Sampai dengan pertengahan Desember 2004 sudah beroperasi 203 unit DSP di Pulau Jawa dan Bali, diawal tahun 2005 akan dibuka beberapa unit DSP di Pulau Sumatera.

Hingga pertengahan tahun 2005, direncanakan paling sedikit 600 unit DSP akan dapat melayani ratusan komunitas pengusaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia.

Untuk kesejahteraan pengusaha mikro beserta keluarganya dan menciptakan 5,000 lapangan kerja. Pada tahap awal, fokus DSP adalah melayani para pedagang di pasar-pasar tradisonal. Saat ini, kami juga sedang mengembangkan sebuah model bisnis untuk melayani para nelayan. Salah satu proyek percontohan kami adalah DSP Unit Pelabuhan Ratu, yang beberapa waktu lalu telah diresmikan oleh Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan. Berikutnya, adalah sentra industri kecil, dan seterusnya. Melalui DSP dan Danamon Peduli, Bank Danamon ingin memberikan kontribusinya secara nyata dan langsung bagi setiap komunitas pengusaha mikro dan kecil dimana unit DSP berada, agar usaha mereka dan keluarganya dapat tumbuh dan sejahtera. Kami percaya bahwa kelanggengan upaya ini hanya dapat bertahan jika misi sosial dan misi bisnis dapat berjalan bersamaan.

Selain itu, melalui 600 unit DSP Bank Danamon akan menciptakan lapangan kerja untuk kurang lebih 5,000 orang. Sebagian besar kesempatan kerja tersebut akan diisi oleh putra/i daerah setempat yang mengerti kultur lokal dan mengenal pemuka-pemuka daerah setempat

4. Cabang Danamon Syariah

KantorPusat
GedungBankDanamonPrapatanLt8
JlPrapatanNo50,Jakarta10110
Telp (021) 3512024, 3507455 ext 8125, 8112, 8118

Kantor Cabang

Jakarta – Ciracas
Jl Raya Bogor Km 2 (Depan Pasar Induk Kramat Jati)
Ciracas – Jakarta Timur
Telp (021) 87794026, 87794753, Fax 87794363

Bukittinggi – Aur Kuning
Jl By Pass No 1-2 Pasar Aur Kuning
Bukittinggi – Sumatera Barat
Telp (0752) 642998, 627394-5, Fax (0752) 624444

Banda Aceh – Perdagangan
Jl Teuku Chik Pante Kulu No 51
Banda Aceh – Nanggroe Aceh Darussalam
Telp (0651) 22980, Fax (0651) 26518

Sidoarjo – Majapahit
Jl. Majapahit No 18 C
Sidoarjo – Majapahit
Telp (031) 8941559, 8941007 Fax (031) 8928716

Martapura – A. Yani
Jl Jend. A. Yani No 6 Km 40
Martapura – Kalimantan Selatan
Telp (0511) 720510, 720517 Fax (0511) 721075

DKI Jakarta

Jakarta

Jl. Kebon Sirih 15 (021) 2301025

Jl Matraman Raya 52 (021) 2800477-536

Jl. Panglima Polim Raya 47 (021) 7206942-48

Jl Tarum Barat Raya H1 No 1 Kalimalang (021) 8656662

Jl Fachrudin 36 Bl A No 56-57 Tn Abang (021) 3156665

Jl Muwardi Raya 7 Grogol (021) 5667010-11

Jl Cileduk Raya 5 Cipulir (021) 7202942

Ruko Depok Mall B/49, Jl Margonda Raya (021) 7760164-66

Banten

Tangerang

Jl Daan Mogot 48 (021) 5520781-2

Jawa Barat

Bogor

Jl Ir. H Djuanda 38-34 (0251) 329055

Bekasi

Jl Ir H Djuanda 159 (021) 8812260

Karawang

Jl Tuparev 5-6 Ruko Karawang Plaza (0267) 405533-66-88

Jawa Timur

Surabaya

Jl Gub. Suryo 12 (031) 5340783-5312126

Malang

Jl Kawi 15 (0341) 367766

Pasuruan

Jl Soekarno Hatta 28-29 (0343) 427301-4

Magetan

Jl A. Yani 75 (0351) 892481-4467

Kalimantan

Banjarmasin

Jl L.ambung Mangkurat 50 (0511) 66847-363583

Samarinda

Jl. Jend Sudirman 31 (0541) 732832-35

Kotabaru

Jl Putri Ciptasari 8-10 (0518) 22256-58

Banjarbaru

Jl A. Yani Km 34 No 31 (0511) 780405-024

Sumatera

Banda Aceh

Jl Sri Ratu Safiatudin 52-54, (0651) 31178

Medan

Jl Pemuda 5A-D (061) 4155090

Padang

Jl Sudirman 40 (0751) 32226

Bukittinggi

Jl. A.Yani 116F (0752) 35350

Payakumbuh

Jl Soekarno Hatta 80, (0752) 95771-72

D. PERINGKAT KREDIT

D. PERINGKAT KREDIT

Standard & Poor’s

Long Term & Short Term Local Currency

BB-/Stable/B

Long Term & Short Term Foreign Currency

BB-/Stable/B

Subordinated Debt

B/Stable

Moody’s

Long Term & Short Term Bank Deposit

B2/Pos/Not Prime

Bank Financial Strength

D-/Stable

Subordinated Debt

Ba3/Positive

PEFINDO

Corporate Rating

idAA-/Stable

Bond Rating

idAA-/Stable

Fitch Ratings

Long Term & Short Term Foreign Currency

BB-/Positive/B

National (Long- Term)

A-(idn) / Positive

E. IKHTISAR KEUANGAN

E. IKHTISAR KEUANGAN

In Rp. billion, except ratios in %

FY 2005

FY 2006

∆YoY

Operating Results

Normalised Net Interest Income

4,603

5,645

22.6%

Normalised Fee Income

1,080

1,358

25.7%

Normalised Operating Income

5,683

7,003

23.2%

Normalised Operating Expenses

(2,909)

(3,428)

17.8%

Normalised Pre-provisions Operating Profit

2,774

3,575

28.9%

Cost of Credit

(814)

(1,332)

63.6%

Net Profit Before Tax

1,960

2,243

14.4%

Goodwill & Minority Interest

(206)

(202)

(1.9%)

Income Tax

(559)

(652)

16.6%

Normalised NPAT

1,195

1,389

16.2%

Non Recurring Items (After Tax)

808

(63)

(107.8%)

Reported NPAT

2,003

1,325

(33.8%)

Balance Sheets

Total Assets

67,803

82,073

21.0%

Total Loans

36,757

42,986

16.9%

Total Government Bonds

14,102

18,702

32.6%

Total Deposits

47,089

57,834

22.8%

Total Equity

8,589

9,442

9.9%

Profitability Ratios

Net Interest Margin

8.9

9.3

0.4

Normalised Cost to Income

51.1

48.9

(2.2)

Normalised ROAA

1.8

1.9

0.1

Normalised ROAE

15.2

16.5

1.3

Reported ROAA

3.1

1.8

(1.3)

Reported ROAE

24.2

15.1

(9.1)

Asset Quality Ratios

Non Performing Loans / Total Loans

2.6

3.3

0.7

Loan Loss Allowance / Total Loans

2.8

3.3

0.5

Loan Loss Allowance / Non Performing Loans

145.7

141.7

(4.0)

Liabilities Ratios

Loan to Deposit Ratios

80.8

75.5

(5.3)

Deposits to Total Liabilities

79.8

79.9

0.1

Loans to Total Funding

66.6

63.3

(3.3)

Capital Ratios

Capital Adequacy Ratio

22.7

20.4

(2.3)

Tier 1 Capital

16.7

15.5

(1.2)

Equity/Assets

12.7

11.4

(1.2)

F. PRINSIP MENGENAL NASABAH

F. PRINSIP MENGENAL NASABAH

PT BANK DANAMON INDONESIA TBK PRINSIP MENGENAL NASABAH (KNOW YOUR CUSTOMER.

Money Laundering
Money Laundering atau tindak pidana pencucian uang merupakan suatu fenomena yang telah menjadi sorotan dunia internasional. Tujuan utama pelaku kejahatan melakukan pencucian uang adalah untuk menyamarkan dana hasil kejahatan agar si pelaku tersebut pada akhirnya bebas menikmati karena setelah melalui proses placement, layering dan integration dana tersebut menjadi dana yang seolah-olah didapat dari sumber yang halal (legitimate source). Perbankan merupakan elemen dominan dalam sistem keuangan yang sering digunakan sebagai sarana pencucian uang. Berbagai produk jasa keuangan yang ditawarkan bank untuk menciptakan kemudahan bagi nasabahnya sering dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk mencuci dana hasil kejahatannya. Sehubungan dengan hal ini bank potensial memiliki berbagai risiko, diantaranya risiko reputasi, risiko operasional, risiko hukum dan risiko konsentrasi Oleh karena itu, pengamanan sistem perbankan dari kegiatan pencucian uang perlu mendapat perhatian khusus.

Prinsip Mengenal Nasabah (KYC)
Dalam rangka mencegah agar bank tidak dimanfaatkan sebagai sarana pencucian uang, untuk pertama kalinya Bank Indonesia mengeluarkan peraturan PBI No.3/10/PBI/2001 tentang Prinsip Mengenal Nasabah pada tahun 2001, sebagaimana terakhir diubah dengan PBI No.5/21/PBI/2003 untuk menyesuaikan dengan Undang-Undang No.25 Tahun 2003 tentang perubahan atas Undang-Undang No.15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan tersebut, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDI) telah melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Kebijakan dan Prosedur KYC
    Sebagai bagian dari pengelolaan risiko dan upaya pengawasan atas tindak pidana pencucian uang, BDI menerapkan program Prinsip Mengenal Nasabah atau ‘Know Your Customer’ (KYC). Untuk memberikan kepastian dalam pelaksanaan prinsip KYC, BDI telah memiliki Kebijakan dan Prosedur yang mengatur mengenai pelaksanaan KYC. Kebijakan berisi prinsip-prinsip dasar pemahaman KYC, sedangkan Prosedur memberikan pedoman pelaksanaan secara mendalam mengenai KYC yang berguna bagi petugas pelaksana di setiap cabang yang berhubungan langsung dengan nasabah (frontliners).

  1. Unit Kerja Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah UKPN
    Dalam kaitannya dengan pelaksanaan KYC, BDI membentuk unit kerja penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (UKPN) yang bertanggungjawab langsung kepada Direktur Kepatuhan. Tugas UKPN antara lain adalah memastikan adanya pengembangan sistem identifikasi nasabah dan transaksi yang mencurigakan, memantau proses pengkinian (update) profil nasabah, serta melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap pelaksanaan kebijakan Prinsip Mengenal Nasabah oleh unit-unit kerja terkait.

3. Pelatihan (Training)
Dalam rangka memberikan pemahaman dan memastikan pelaksanaan Prinsip Mengenal Nasabah, BDI melalui UKPN secara berkesinambungan memberikan sosialisasi dalam bentuk pelatihan ke seluruh cabang BDI. Materi pelatihan terdiri dari teori Money Laundering serta teknis pelaksanaan Prinsip Mengenal Nasabah, yang meliputi kebijakan penerimaan dan identifikasi nasabah, kebijakan pemantauan transaksi dan pelaporan transaksi keuangan tunai mencurigakan. Saat ini BDI sedang merencanakan untuk membuat materi pelatihan KYC dalam format video training. Dengan video training ini diharapkan proses pelatihan dapat dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing cabang dalam waktu dan tempat yang fleksibel.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: